Sabtu, November 23, 2013

Kupas 4 Moge Yamaha: R1, Raja Jalanan DNA MotoGP





Yamaha Indonesia telah meluncurkan empat motor gede (moge) untuk pasar Indonesia. Motor yang diimpor utuh dari Jepang itu dibanderol mulai Rp185-500 jutaOn the Road Jakarta.


Setelah mengupas VMax, kini giliran Yamaha YZF-R1, model tertinggi dari keempat moge yang didatangkan mereka.


Motor yang identik dengan tunggangan para pebalap dilintasan MotoGP tersedia empat warna pilihan, yaitu Race Blue, Matt Grey, dan Competition White. R1 dibanderol Rp350 juta full package dan Rp335 juta no package.

Yamaha mengklaim R1 merupakan motor supersport paling mutakhir, karena telah dilengkapi teknologi crossplane crankshaft yang juga dimiliki Yamaha YZR-M1.

Crossplane crankshaft merupakan poros engkol dengan desain saling silang yang memiliki durasi pengapian 90 derajat. Hal ini berbeda dengan biasanya di mana mesin 4 silinder menerapkan pola pengapian 180 derajat.

R1 dibangun fitur utama seperti sistem tujuh tingkat TCS (Traction Control System) dengan sistem Fuel Injection, lalu YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) serta YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intake).

Desain motor ini sangat aerodinamis dengan garis bodi dan rangka Deltabox alumunium, suspensi depan menggunakan YHSJ (Yamaha Hydraulic Systems Japan) serta fungsi khusus, di mana bagian kiri untuk peredaman tekanan dan kanan untuk mengembalikan tekanan ke posisi normal.

Motor yang memiliki dimensi panjang 2.070 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.130 mm juga dilengkapai Front Cowl sertaprojector headlights, sistem pengereman ABS, Belt Drive danShaft Drive.

Untuk jantung pacu, R1 yang mampu menampung 18 liter bensin, mengusung mesin 998 cc-in-line 4-silinder liquid-cooled dan sanggup menghasilkan tenaga 182,1 PS pada 12.500 rpm dengan torsi 155,5 Nm pada 10.000 rpm.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar