Sistem pembuangan adalah saluran untuk membuang sisa hasil pembakaran pada mesin dengan pembakaran dalam serta berfungsi untuk meredam suara dentuman mesin.
Di Indonesia dikenal juga sebagai knalpot yang diadopsi dari bahasa Belanda atau saringan suara.
Bagian-bagian pipa pembuangan
Pipa pembuangan terdiri dari:
Kepala silender, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender,
Header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silender bergabung,
Turbocharger, yang menggunakan tenaga/energi yang masih tersisa untuk menekan (kompres) udara untuk dimasukkan keruang bakar sehingga mesin bekerja lebih efisien,
Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk meredam suara,
Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx
Pipa untuk mengalirkan emisi gas buang.
Kepala silender, dimana pipa pembuangan dimulai, kecuali pada mesin dua langkah dimana saluran pembuangan ditempatkan dibagian bawah dinding silender,
Header, dimana pipa dari beberapa ruang bakar/silender bergabung,
Turbocharger, yang menggunakan tenaga/energi yang masih tersisa untuk menekan (kompres) udara untuk dimasukkan keruang bakar sehingga mesin bekerja lebih efisien,
Peredam suara atau disebut juga muffler, yang berfungsi untuk meredam suara,
Catalytic converter untuk menurunkan kadar gas beracun, CO, HC dan NOx
Pipa untuk mengalirkan emisi gas buang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar